Kamis, 12 Februari 2009

Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Negerimu?

. Kamis, 12 Februari 2009

Apa yang bisa kamu lakukan untuk negerimu? Sebuah pertanyaan yang menantang dan memotivasi (1) atau hanya sekedar pertanyaan yang tidak bernilai, hanya pertanyaan yang tidak penting (2)?


Jika kita setuju dengan pernyataan 1, berarti kita sudah sadar atau paling tidak sudah memiliki tujuan yang akan membawa kita melakukan hal-hal positif untuk negeri kita.


Masalahnya adalah jika kita menganggap pertanyaan itu sama dengan pernyataan 2, ini yang perlu dikhawatirkan. Berarti kita belum sadar dan belum peduli dengan negeri Indonesia ini.


Ada beberapa hal yang perlu disampaikan terutama kepada yang setuju dengan pernyataan 2. Sudah berapa tahun kita hidup di negeri ini dan sudah berapa banyak sumber daya yang kita gunakan. Berapa banyak air, tanah, udara, dsb yang kita gunakan untuk hidup kita. Sebagian besar yang kita gunakan adalah gratis, pemberian cuma-cuma dari negeri ini. Karena sangat banyaknya yang kita gunakan, seandainya kita hitung pasti tidak akan bisa. Apa itu belum cukup menyadarkan kita bahwa sudah banyak yang diberikan negeri ini untuk kita dan keharusan kita untuk berterima kasih kepada negeri ini?


Jika kita tidak memberikan apapun untuk negeri ini, berarti kita hanya numpang hidup. Lebih parah lagi tidak ada sedikitpun niat untuk melakukan itu. Yang paling parah, kita menggunakan semau kita sampai merusaknya. Memangnya milik siapa negeri ini? Milik kita? Atau generasi kita saja?


Ada sebuah kata bijak yang redaksinya seperti ini : “Negeri ini bukanlah pemberian dari leluhur untuk kita, tetapi kita meminjamnya dari generasi penerus kita.” Tanggungjawab terhadap barang pinjaman adalah mengembalikannya kepada pemiliknya paling tidak sesuai dengan keadaan saat kita meminjamnya. Sebagai tanda terima kasih kepada peminjam, sebaiknya kita memberikan sesuatu sebagai hadiah untuk pemiliknya. Sebagai peminjam tida dibenarkan kita meminjam negeri ini, menggunakan kekayaannya, merusaknya, kemudian mengembalikan kepada pemiliknya dalam keadaan yang sudah rusak. Oleh karena itu, mari kita jaga negeri ini, kita beri tambahan positif, agar nanti saat kita kembalikan kepada pemiliknya, barang pinjaman tersebut dapat digunakan seterusnya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com